PROFIL Rakom Suandri FM

Profile Radio Komunitas Suandri FM
Forum Komunikasi Suara Anak Nagari

Radio komunitas SUANDRI FM
Freq. 107,7 MHz

A. ASPEK PENDIRIAN
I. Latar Belakang

Berdiri radio Komunitas Suandri Fm hadir di masyarakat Nagari III koto Aur Malintang ditengah merosotnya kecintaan generasi muda terhadap seni tradisional dan budaya minangkabau serta kurangnya informasi dan hiburan yang berbasis komunitas lokal. Meskipun pada saat ini kemajuan inovasi teknologi informasi semangkin canggih dari masa kemasa. Melihat kenyataan tersebut, Forum Komunikasi Suara Anak Nagari ( FKSAN), merupakan sebuah lembaga independen yang selalu peduli akan kehidupan bermasyarkat dengan menjunjung tinggi filsafat minangkabau serta memberikan informasi seluasnya kepada masyarakat yang nota bene terbelakang dalam pendidikan dan kurang informasi dari luar serta lebih cendrung mengadopsi budaya luar, sehinga sulit bagi mereka untuk mengembangkan budaya kepada generasi muda.
Maka lahirlah sebuah station Radio Komunitas dengan nama di udara SUANDRI FM Freq. 107,7 MHz. Di tandai dengan peresmian operasional pada tanggal 2004 oleh Bupati Padang Pariaman Muslim Kasim, Radio SUANDRI FM mulai mengudara sampai saat ini. Radio Komunitas Suandri Fm menjadi salah satu media akar rumput yang bisa mengakomodir kebutuhan warga melalui informasi dan hiburan serta melestarikan seni dan tradisi budaya minangkabau serta menjembatani kebutuhan informasi ditengah masyarakat.

1.2. Kondisi Masyarakat dan Komunitas

Nagari III koto Aur malintang adalah daerah agraris yang sebagian besar daerah terdiri dari perbukitan dan daratan-daratan rendah, selain itu daerah ini juga di belah oleh beberapa aliran-aliran sungai, serta hamparan lahan pertanian dan perkebunan masyarakat, Kehidupan dalam bermasyarakat menjunjung tinggi filsafat minangkabau “ Adat Basandi sara`, sara` bansandi kitabullah “ dalam keseharian dalam bermasyarakat dan bernagari. Menuju masyarakat nagari yang madani dan peduli terhadap lingkungan.
Meski demikian, kehidupan dalam bermasyarakat yang berbudaya masih memprihatinkan, disebapkan di kalangan generasi muda sebagai generasi penerus untuk perkembangan Budaya Minangkabau di tengah masyarakat itu sendiri ditambah lagi dengan kurangnya peran ninik mamak dan pemangku adat dalam mendidik generasi muda dalam pengetahuan adat dan budaya sendiri.

1.3. Kondisi Lembaga Penyiaran Lainya
Seiring dengan perkembangan IT ( ilmu teknologi) di bidang informasi dan komunikasi. Lembaga penyiaranpun tumbuh pesat sesuai dengan segmentasi masing-masing. Lembaga penyiaran khusunya radio telah banyak yang mampu merambah sampai pelosok-pelosok daerah Kabupaten Padang Pariaman baik yang berasal dari lembaga publik maupun swasta. Namun demikian muatan-muatan dan kemasan-kemasan siaranya masih sebatas hiburan dan bisnis, serta belum terlihat satu radiopun yang mempunyai segmen dengan mengedepankan kepedulian terhadap masyarakat.

2 VISI DAN MISI

a. Visi
Visi dari pembentukan Forum Komunikasi Suara Anak Nagari ( FK-SAN) dan didirikanya radio SUANDRI FM adalah: terbinanya Masyarakat yang peduli terhadap informasi,komunikasi budaya dan hiburan bagi masyarakat nagari.
b. Misi
Dibentuknya Forum Suara Anak Nagari ( FSAN) dengan mendirikan radio SUANDRI FM dengan Misi sebagai berikut :
– Menjadikan Radio SUANDRI FM sebagai Media Komunikasi, informasi dan budaya guna menunjang kehidupan yang madani dalam bermasyarkat
– Menjembatani informasi mengenai kebijakan pemerintah pusat dan daerah serta hasil pembangunan terhadap masyarakat.
– Memanfaatkan kreatifitas komunitas dalam melestarikan lingkungan.
– Berperan aktif mewujudkan Nagari III koto Aur malintang dengan kecamatan IV koto Aur malintang menjadi daerah peduli terhadap kebutuhan akan informasi dari akar rumput
– Mejadikan masyarakat yang kritis

c. Tujuan
Forum Suara Anak Nagari ( FSAN) didirikan oleh beberapa elemen masyarakat yang peduli akan informasi, budaya serta komunikasi antar masyarakat :
– Menjadikan Masyarakat peduli terhadap budaya tradisional, yang dari masa kemasa terkikis dari keseharian generasi muda serta masyarakat lainya.
– Meningkatkan derjat dan martabat kebudayaan minangkabau, ditengah gelombang globalisasi di segala bidang
– Membangun segala potensi dan sumber daya manusia (SDM)
3. Rancangan dan Program Operasional
Radio SUANDRI FM sebagai media informasi,Budaya dan hiburan masyarakat nagari telah memiliki sarana, prasarana dan perangkat antara lain :
a. Perangkat tetap
• Tower dan Antene. (Semi Permanen)
• Pemancar
• Ruangan Siaran (Semi Permanen)
• Ruangan Produksi (Semi Permanen)
• 1(satu) set Komputer
• 1 radio monitor
• Mixer
b. Perangkat tidak tetap
• Nara Sumber/materi siaran
• Majalah/tabloid
• Surat kabar
• Media online
• Kumpulan lagu/kaset atau CD
Untuk lebih jelas dan terarah serta terwujudnya visi,misi dan tujuan radio SUANDRI FM, perlu adanya rancangan-rancangan, baik jangka panjang maupun jangka pendek.
1.1 Jangka Pendek
a. Menyempurnakan jadwal siaran sesuai dengan keinginan komunitasnya
b. Melengkapi dan menyempurnakan perangkat siaran
 Tower.
 Pemancar
 Radio Relay
 Dan alat-alat audio pendukung lainya.
1.2 Jagka Panjang
a. Mengadakan training kepada penyiar dan anggota pengelola
b. Melakukan survey langsung ketengah komunitas/kelompok masyarakat untuk bahan acuan dalam menyusun format siaran.
c. Melakukan pendekatan kepada semua pihak dalam mengadakan materi siaran dan dukungan finansial.
d. Melakukan kontrak kerjasama dengan instansi pemerintah atau lembaga lainya yang tidak mengikat.
e. Melahirkan keharmonisan dan kontak emosional antara pengelola radio komunitas dengan pendengar dan komunitasnya dengan menjalin tali silahtullrahimm
f. Melakukan kegiatan-kegiatan yang menunjang kelancaran program seperti seminar, lokakarya, diskusi dan kegiatan sosial lainya.
Disamping kebutuhan diatas, yang tidak kalah pentingnya ialah biaya rutin operasional untuk menunjang kelancaran kegiatan di bidang penyiaran, antara lain :
• Intensif Penyiar
• Transport reporter jurnalis
• Daya dan jasa
• Perawatan peralatan
• Biaya administrasi
• Dana taktis
• Sosial
Untuk memenuhi kebutuhan minimal operasional diatas, lembaga penyiaran komunitas radio SUANDRI FM melakukan upaya-upaya sebagai berikut :
Upaya yang sudah dilakukan :
 Subsidi langsung dari pengelola radio SUANDRI FM
 Menerima dan menyiarkan iklan layanan masyarakat, sesuai dengan ketentuan yang berlaku
 Sumbangan dari donatur tidak tetap
 Sumbangan dari anggota lembaga Forum Suara Anak Nagari SUANDRI FM
Upaya yang akan dilakukan :
• Dukungan finansial dari pemerintahan daerah maupun pusat
• Bantuan atau dukungan dari lembaga lain yang tidak mengikat
• Bantuan atau dukungan dari pemerintahan Nagari III koto Aur Malintang
• Bantuan atau dukungan dari pemerintahan kecamatan IV koto Aur Malintang
B. ASPEK MANAJEMEN RADIO KOMUNITAS SUANDRI FM
Lembaga penyiaran komunitas yang bernama radio Forum Suara Anak Nagari SUANDRI FM Freq. 107,7 MHz, didirikan oleh sebuah perkumpulan masyarakat ( organisasi sosial kemasyarakatan ) Forum Suara Anak Nagari dengan struktur kemasyarakatan :
1. PENDIRI :
Ketua : Azwar Mardin
Anggota :
• Ardian Salmi
• Tauris
2. DEWAN KOMUNITAS
• Ketua : Arye Suparta
• Anggota :
• H. Jahidin
• Suardi Koto
• Musmulyadi
• Zaherman
• Noviarman
• Azrul
• Renolisa Putra
2. Dewan Pengurus
– Ketua : Ardian Salmi
– Wakil Ketua : Musmulyadi
– Sekretaris : Azwar Mardin
– Wakil Sekretaris : Alfauzi
– Bendahara : Yuli Yefni

3. DEWAN PELAKSANA
BADAN PELAKSANA PENYIARAN KOMUNITAS ( BPPK ) SUANDRI FM
 Pimpinan Umum : Azwar Mardin
 Penaggung Jawab Program/produksi : – Musmulyadi
– Azwar Mardin
 Divisi Pemberitaan : Zainudin koto
 Divisi Humas : Suardi koto
 Divisi Administrasi : Alfauzi
 Divisi Keuangan : Yuli Yefni
 Divisi Teknisi : Ardian Salmi
 Divisi Anggota dan penyiar : Alfauzi

C. ASPEK PROGRAM SIARAN
Radio adalah salah satu media komunikasi,informasi dan hiburan merupakan media alternative yang masih diminati oleh masyarakat, baik dalam komunitas besar, maupun komunitas kecil.
Kenyataan diatas radio akan lebih diminati bila program yang disuguhkan dapat memenuhi harapan masyarakat, menambah wawasan dan pencerdasan, perbaikan moral dan etika, serta melestarikan seni tradisional dan budaya sesuai dengan falsafah yang dianut oleh masyarakat.
Untuk menjawab tantangan tersebut radio komunitas SUANDRI FM selalu bahu membahu dengan komunitasnya, khususnya bersama tokoh adat, masyarakat serta pelaku seni dan budaya tidak hanya itu kelompok masyarakat, LSM dan pemerintahan setempat ikut berpartisifasi dalam menyungguhkan siarannya dengan segmen dan kemasan serta materi yang tersendiri.
1. Segmentasi Siaran
• Waktu Siaran
Sebagai radio komunitas SUANDRI FM memancarkan siaran setiap hari, baik hari libur maupun hari kerja, lebih efektifnya komunitas menengarkan siaran radio SUANDRI FM memulai siaran jam 12 : 00 Wib siang s/d 23 : 00 Wib malam
• Format Siaran
a. Berita : 5%
b. Penerangan : 10%
c. Pendidikan, sosial dan budaya : 25%
d. Agama : 5%
e. Hiburan dan Musik : 40%
f. Acara Penunjang : 15%
• Format Hiburan
a. Tradisional /daerah : 25%
b. Melayu/dangdut : 20%
c. Indonesia populer : 20%
d. Minang populer : 35%
• Sumber Materi Siaran
a. Nara sumber
b. Surat kabar
c. Majalah/Tabloid
d. Media online
e. Liputan
f. Dll
2. Segmentasi Teget
Sesuia dengan latar belakang pendirian, serta visi, misi dan tujuan. Radio SUANDRI FM Memprioritaskan siaranya untuk kalangan masyarakat akar rumput.
• Sefi Geografi
Nagari III Koto Aur Malintang, Kecamatan IV koto Aur Malintang dengan penduduk mayoritas bermaata pencarian disektor pertanian, perkebunan disamping itu sebagiannya berwirahusaha.
• Segi Demokrafis atau kelompok
– Umur /Usia : 0 s/d 15 th = 5%
15 s/d 19 th = 10
20 s/d 24 th = 20%
25 s/d 30 th = 15%
30 s/d 34 th = 15%
35 s/d 39 th = 15%
40 s/d 50 th = 15%
51 + = 10%
– Jenis Kelamin : Laki – Laki = 40%
Wanita = 60%
– Pendidikan : Tidak tamat Sekolah Dasar = 10%
Tamat Sekolah Dasar = 20%
Tamat SLTP = 30%
Tamat SLTA = 30%
Akademi = 5%
Perguruan Tinggi = 5%

– Profesi/Usaha : Pelajar/Mahasiswa = 25%
Pedagang/Swasta = 20%
Pegawai negeri sipil = 10%
Petani dan lain-lainya = 45%

D. RANCANGAN PROGRAM SIARAN

Radio SUANDRI FM dalam penyajian isi siaran setiap hari akan dipadati oleh materi-materi yang sangat melekat dengan masyarakat pendengar, memberikan pelayanan dalam informasi, sosial budaya dan komunikasi disamping hiburan, sesuai dengan visi dan misi SUANDRI FM, rancangan materi siaran akan terfokus kepada kebutuhan akan informasi di kalangan masyarakat yang selama ini belum tersentuh oleh media teknologi infomasi, seperti dibidang sosial, budaya, Hukum, lingkungan dan Agama dengan pola penyiaran yang dikemas sedemikian rupa diantaranya :
a. Iklan Layanan Masyarakat
b. Dialog Interaktif dari nara sumber yang terkait
c. Informasi dan sosialisasi tentang kebijakan pemerintah melalui instansi terkkait
d. Rubrik
e. News/Berita
f. Feature
Dengan materi-materi siaran yang di kemas oleh SUANDRI FM, di harapkan masyarakat dapat mengakses informasi secara aktual dan bisa mendapatkan pembelajaran dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam bermasyarakat yang sejahtera.
PENGELOLA
PIMPINAN RADIO KOMUNITAS SUANDRI FM

AZWAR MARDIN

4 comments on “PROFIL Rakom Suandri FM

  1. Setuju sekali dg tujuan pedirian radio ini,jadi yg dirantau tentu sangat rindu sekali dg program budaya minang.Kalau tdk kita siapa lagi yg melastarikan budaya kita(minang)org minang boleh otak jerman tapi budaya tetap minang
    Selamat buat radio sundari fm.

  2. terimakasih uda atas kunjungan dan komentarnya….semoga apa yang dilakukan ini awal dari sebuah perubahan lebih maju untuk kedepan ,terutama kompetisi dengan daerah lain dalam nagari… mohon juga dukungan untuk membakar semangat adiak-adiak uda yang saat kini beraktivitas di rakom suandri fm.

  3. alhamdulillah saya sangat bangga dengan putra daerah sendiri, karna semangat dan kepeduliannya,telah dapat menjembatani dan memberi imformasi kepada kita semua , melalui radio suandri fm ini saya sangat optimis , kepedulian, adat dan budaya minang kita tak akan hilang begitu saja, semoga radio suandri tetap jaya dan disenangi banyak pendengar amin..amin..( salam dari yas putra baringin batu basa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s